Web dan Perilaku Pengguna - tabloidpulsa.co.id


Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas seputar web dan perilaku pengguna yang menggunakan situs tersebut, dalam artian berupa interaksi (perilaku navigasi dan pencarian) serta dampak web tersebut bagi penguna (perilaku social dan ekonomi). Kali ini, saya akan membahas perilaku-perilaku pengguna tersebut yang terjadi dalam situs tabloidpulsa.co.id .

  •  Periaku Navigasi (Sitemap) pada situs TabloidPulsa

Navigasi merupakan hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam pembuatan situs web, 
selain kegunaannya adalah untuk meringkas banyaknya elemen web yang ditampilkan, navigasi juga berperan dalam memudahkan penguna suatu situs web dalam menemukan konten-konten relavan yang ingin ia cari. Pada tampilan awal, kita dapat mencari konten yang ingin kita temukan melalui bar yang terdapat pada bagian atas / header (nomer 1) dan bagian kiri halaman / sidebar (nomer 2). Melalui header, pengguna dapat menemukan topic sesuai kategori yang terdapat pada header, semisal bila kita ingin mencari review handphone. Perlu dicatat, header ini akan menampilkan konten secara general, artinya ia akan menampilkan topic sesuai kategori dari berbagai vendor mobile, bukan secara spesifik. Nantinya, kita dapat memilih topic tertentu sesuai kategori mengenai vendor mobile yang ingin kita cari. Selain review, terdapat pula kategori tips & apps, hpmurah, tanya pulsa, dan forum.
Selain melalui header, kita juga dapat menggunakan sidebar yang berada di sebelah kiri halaman untuk menuju suatu konten. Sidebar tersebut berisikan informasi berupa spesifikasi hardware dan harga dari vendor yang terdapat pada sidebar tersebut. Sidebar ini sangat berguna jika kita ingin dengan cepat mencari produk mobile dari vendor tertentu.
Disamping menggunakan kedua hal tersebut, terkadang kita mungkin sekedar mengunjungi suatu web untuk mengetahui informasi update apa yang tersedia. Maka, pada situs tabloidpulsa.co.id ini tersedia kolom news (3) dan review (4). Melalui kolom news, pengguna dapat membaca berita-berita terbaru seputar gadget, seperti berita tentang perilisan sebuah smartphone dan lain-lain. Sedangkan pada bagian kolom, pengguna dapat membaca artikel tentang ulasan sebuah gadget, sehingga sekiranya dapat membantu kita jika kita ingin membeli gadget yang bersangkutan.


  •  Perilaku Pencarian

Perilaku pencarian yang dimaksud disini adalah fitur pencarian yang terdapat pada situs web bersangkutan dalam hal memudahkan penggunanya dalam menemukan konten yang mereka butuhkan. Pada situs pulsa online ini terdapat kotak pencarian yang dapat kita gunakan untuk mencari konten seputar gadget yang ingin kita cari cukup dengan memasukkan keyword. Mode pencarian ini bekerja dengan menggunakan mesin pencari Google, namun telah di set sedemikian rupa agar hasil yang ditampilkan hanyalah konten yang ada pada situs pulsa online saja.


  • Dampak Perilaku Sosial
Dampak social yang ditimbulkan suatu situs web dapat berupa dampak positif dan negative, relative dari para penggunanya. Menurut saya pribadi, memang ada dampak positif dan negatifnya dari situs pulsa online tersebut. Positifnya adalah, kita menjadi tahu perkembangan dunia smartphone dan gadget lainnya. Disamping itu, kita juga dapat mengetahui jadwal perilisan suatu smartphone. Sedangkan untuk dampak negatifnya, beberapa pengguna terkadang memberikan penilaian yang buruk dengan kata-kata yang dapat dikatakan ‘kasar’, sehingga dapat memicu amarah dari kelompok pengguna lainnya.


  • Dampak Perilaku Ekonomi
Sebagai situs penyedia informasi seputar smartphone, situs ini tentu memiliki dampak dalam hal ekonomi. Dampak-dampaknya adalah, kita menjadi tahu harga suatu smartphone tertentu sehingga kita dapat memperkirakan rentang harga yang mungkin ditawarkan bila kita hendak akan membeli smartphone tersebut di sebuah toko kelak. Hal ini berguna karena terkadang ada toko yang sengaja mendongkrak harga smartphone tertentu sehingga pembeli harus membayar mahal, setidaknya informasi seputar harga ini bisa dijadikan acuan jika kita hendak membeli smartphone. Lalu adanya review membantu kita untuk menentukan apakah dengan harga sekian smartphone tersebut layak untuk dibeli, dan hal ini berguna jika kita tidak ingin membuang-buang uang untuk hal yang tidak kita perlukan / tidak kita dapatkan.

1 comments:

  1. http://hargahpterbaruindo.blogspot.com/2015/03/daftar-harga-dan-spesifikasi-iphone-5s.html

    ReplyDelete