Mencari dan Berbagi Informasi Dalam Blog

            Di era informasi seperti sekarang ini, hampir segala aspek di sekitar kita memerlukan informasi. Informasi yang tersebar luas di dunia nyata maupun maya tidak mengenal batasan ruang, waktu, dan usia. Artinya, siapa saja (tidak penting dari bangsa apa, jenis kelamin apa), dimana saja, dan kapan saja dapat memperoleh informasi yang mereka perlukan. Ditambah lagi dengan hadirnya internet di kehidupan kita, proses pertukaran informasi menjadi lebih efektif. Bagaimana tidak? Kita hanya perlu beberapa kali ‘klik’ maka informasi yang kita butuhkan akan kita peroleh.

            Informasi yang tersebar di dunia maya memang tidak semerta-merta tersedia dan siap untuk diakses secara bebas. Informasi ada karena adanya informan alias sumber informasi. Nah, bagaimana jika kita ingin membagikan informasi kepada orang lain? Tidak harus informasi, terkadang kita juga ingin menyuarakan pendapat kita atau beragi cerita dan/atau tulisan tentang suatu hal dan ingin agar khalayak umum dapat membacanya. Lantas bagaimana caranya? Mungkin sebelum adanya internet, kita hendak mengirimkan informasi yang kita miliki atau membuat surat pembaca kepada perusahaan surat kabar agar informasi dan pendapat kita dapat dimuat dalam surat kabar dan dibaca oleh orang lain. Di era digital ini, sekarang kita tidak perlu repot-repot melakukan hal tersebut dan ada cara yang lebih efisien. Sekarang kita dapat menulis informasi, berbagi tulisan, dan menyatakan pendapat di dunia maya melalui kegiatan blogging. Salah satu situs yang menyediakan aktivitas berupa blogging adalah blogger.com.

  • Sejarah singkat
Blogger.com dibuat oleh Evan Williams, Paul Bausch, dan Meg Hourihan pada Agustus 1999, yang kemudian dirilis oleh Pyra Labs pada tahun yang sama. Blogger dibuat untuk aktivitas blogging, dimana penggunanya dapat membuat informasi atau tulisan mereka sendiri dan membagikannya di internet. Pada Februari 2003, Google mengakuisisi Blogger melalui perjanjian tertutup. Akuisisi tersebut mengakibatkan beberapa fitur berbayar dalam Blogger menjadi fitur gratis. Kemudian pada May 2007, server Blogger secara menyeluruh pindah ke server yang dioperasikan oleh Google. Di tahun yang sama, Blogger berhasil menempati urutan ke 16 dari 50 daftar domain paling top berdasarkan pengunjung unik (jumlah pengunjung yang dihitung per user, bukan per kunjungan).

            Blogger dapat digunakan untuk berbagi informasi, ulasan, cerita ataupun pendapat public tentang suatu hal atau kejadian. Selain itu, Blogger juga merupakan layanan nge-blog yang dapat dibilang mudah digunakan, sehingga hampir semua pengguna internet dapat menggunakannya. Disisi lain, beberapa fitur dalam Blogger juga turut mempermudah penggunanya dalam urusan blogging. Berikut ini akan saya jabarkan keuntungan dan kemudahan dalam menggunakan blog sebagai media pertukaran informasi.

  •   Blog sebagai alat berbagi informasi
Peluncuran Blogger ditengah tahun 1999 memang diperuntukkan agar pengguna internet dapat berbagi informasi atau opini mereka sendiri di dunia maya. Informasi yang dapat dibagikan pun beragam, dari informasi seperti berita, ulasan produk, tutorial, opini public, bahkan sampai tulisan dan pengalaman pribadi pengguna sekalipun. Dalam pembagian informasi ini, memang tidak ada batasannya, asalkan informasi yang diberikan tidak mengandung hal-hal yang melanggar hukum.

  •  Blog sebagai sumber informasi
Kemudahan penggunaan blog serta layanannya yang gratis menyebabkan banyaknya pengguna internet yang memanfaatkan layanan ini, tidak terkecuali kaum intelek sekalipun. Banyak dari pengguna blog yang menuliskan artikel-artikel pengetahuan umum ke dalam blog mereka, baik berdasarkan pengamatan mereka sendiri ataupun referensi dari sumber lainnya. Selain itu, banyak juga tutorial-tutorial mengenai cara untuk melakukan sesuatu hal, semisal membuat program atau sekedar membuat masakan, dll.

  •  Blog sebagai alat bertukar pengalaman
Tidak sedikit pula pengguna blog yang menggunakan blog mereka untuk sekedar iseng berbagi cerita dan pengalaman mereka. Daripada harus menuliskan cerita panjang di social network, ada baiknya jika kita menuliskan cerita kita di sebuah blog. Tidak hanya sekedar membagi cerita, ada kalanya pembaca akan merespon tulisan yang dibuat oleh pengguna blog tersebut. Selain cerita, kita juga dapat menulis ulasan atau menuliskan opini public kita ketimbang harus menggunakan cara yang kurang efektif seperti mengirim ke surat kabar.

            Berbicara mengenai Blogger, memang apa saja sih fitur yang ada dalam Blogger? Semenjak akuisisi oleh Google, blogger sendiri mengalami perubahan yang signifikan, dari tampilan antar muka, hingga cara untuk memposting sebuah postingan baru ke blog kita. Bahkan kita dapat sekaligus berbagi gambar atau foto yang kita miliki ke blog kita. Mengenai fitur, apa saja sih fitur yang tersedia, selain tampilan blog yang dapat dikustomisasi? Ini dia ulasannya.


  • Auto translate untuk postingan yang kita buat
        Auto translate ini berguna untuk menterjemahkan postingan kita ke berbagai bahasa, tanpa merubah bahasa asli tulisan kita. Fitur ini memudahkan orang yang tidak menggunakan bahasa kita dengan cara menterjemahkan secara otomatis tulisan kita ke bahasa mereka dengan menggunakan integrasi Google Translate. Memang hasil terjemahannya tidak begitu bagus, dan pengoperasiannya pun manual oleh pengunjung dengan cara memilih bahasa menggunakan menu yang tersedia (itupun jika dipasang oleh penulis blog tersebut), namun setidaknya masih bisa di andalkan ‘lah.

  • Document reader untuk berbagi file dokumen
         Salah satu kendala dalam menuangkan isi dari sebuah dokumen (doc, pdf) kedalam postingan sebuah blog adalah formatnya. Jika menggunakan cara copy+paste, biasanya format dalam dokumen menjadi berantakan. Nah, gunanya fitur ini adalah agar kita dapat langsung mengupload filenya saja, maka nanti document reader ini bertindak sebagai pembacanya, sehingga kita dapat langsung mempostingnya tanpa kehilangan format dokumen yang kita buat.

  • Integrasi Google+ dengan Blogger
        Integrasi social network Google+ ke Blogger memang merupakan fitur baru. Dengan fitur ini, pengguna blogger dapat menyambungkan account Google+ mereka dengan account Blogger mereka, sehingga mereka dapat langsung membagikan tulisan blog yang mereka posting secara otomatis ke teman (disebut Circle) mereka di Google+.

  • Blogger on the Go
        Fitur yang satu ini memungkinkan penggunana untuk berbagi informasi dan tulisan mereka menggunakan perangkat mobile mereka. Bisa saja kan disaat kita ingin mempublikasikan suatu informasi namun kita lupa membawa notebook kita? Dengan fitur ini, sudah tidak masalah lagi. Fitur ini memungkinkan pengguna menulis tulisan di perangkat mobile mereka dan mempostingnya secara langsung melalui email. Hal ini sangat berguna jika kita ingin berbagi pengalaman liburan namun hanya membawa smartphone kita.

            Sekian pembahasan tentang blog dari saya. Sebagai salah satu aplikasi dari new media, kita dapat memanfaatkan blog sebagai sarana untuk mencari informasi dan bahkan kita dapat membuat informasi itu sendiri. Ditambah lagi, banyak smartphone yang beredar dengan akses internet, sehingga tidak ada alasan bagi kita untuk tidak dapat mencari informasi untuk tujuan pengembangan diri, terutama kita sebagai mahasiswa.

1 comments:

  1. blog juga tempat saling sharing, backlink agar bisa ranknya tinggi di google searc engine^^


    Mampir Ke SINI!!

    ReplyDelete